Memelihara Burung Glatik Wingko

Memelihara Burung Glatik Wingko

Agan agan yg suka Pliara burung kali ini saya akan membagikan Cerita saya memelihara Burung Glatik Batu, atau di sebut juga Glatik Wingko. Yg belum Tau Kaya apa Burungnya nihh ane kasih Tau Ciri2nya, Burung Glatik Wingko memiliki bulu yg Berwarna Putih dan Biru, wrna biru ada di sebagian mata, dan dada, burung ini memiliki Bentuk tubuh yg Tidak terlalu besar. Untuk membedakan ciri jantan dan betinanya gampang gampang Sulit, untuk yg jantan Memiliki Garis Hitam yg membelah dari dada sampai ujung Ekor dan mempunyai Wrna yg Lebih Mengkilap, untuk yg Betina memiliki Garis Hitam pada dada tapi agak Putus2 gak jelas, dan warnanya agak Gelap kurang mengkilap. Harga burung ini jika Belum Bunyi atau masih Palasan(Liar) Sangatlah Murah skitar 30ribu-35ribu di pasar, Tetapi akan Sangat Mahal jika Sudah mempunyai Suara yg Keras dan Bervariasi yakni bisa mencapai harga 300ribu-400ribu seperti di daerah saya yg tergolong Burung Langka ini dan jarang sekali yg punya dan ketika saya pergi ke pasar burung di kota dan menanyakan berapa harga burung Glatik yg sudah jadi penjualnya mengatakan 300ribu gak Bloleh Kurang, Lantas saya berfikir beruntungnya saya mempunyai burung Glatik Jantan  dgn suara yg Keras. Saya membeli burung ini skitar 4Bulan yg Lalu di Pekalongan dan membawanya ke Kebumen dgn menggunakan Mobil Pribadi, tempat membawanya adl kotak kecil yg berukuran Lebar 20Cm dan Panjang 25Cm sesampainya di Rumah burung ini saya Pindah ke Sangkar, anehnya ngak seperti burung yg Lain brg ini Tidak Mudah Stress dan Mudah Beradaptasi, jadi Gak perlu waktu Lama bwt dgerin suaranya. Untuk Perawatannya setiap Hari Libur saya Jemur biar kena Sinar matahari pagi dan bisa menghirup Udara Segar, setelah di Jemur dan di angin anginkan Tinggal Memandikannya semprot dgn Lembut burung Glatik Termasuk burung yg Agak Giras jadi harus memandikannya menggunakan semprotan yg Lembut. Bersihkan kandangnya dari Parasit yg Menempel. Setelah di bersihkan kandangnya dan sudah memandikannya Jemur kembali Glatik usahakan menjemurnya di tempat tg terkena sinar matahari dan juga terdapat Pohon, mengapa di jemur di tempat yg ada pohonnya, karena burung Glatik adl Burung yg Suka Bunyi ketika di tempatkan di tempat yg Sejuk dan juga terkena sinar matahari, misalkan setelah di Jemur dan sudah kering Bulunya Tempatkan Burung di Bawah Pohon tetapi sebelumnya berikan Makanan dan Minuman dulu di sangkarnya Gantengkan Burung di Bawah Pohon, bila perlu agak tinggi mengantengnya. Nihh yg membuat saya Suka Burung Glatik Saya, Jika sudah di ganti Minumannya dan di Tambah Voernya terus di kasih Jangkrik yg Paling Kecil terus di Gantengkan di Bawah Pohon, Glatikku Langsung Bunyi gak berhenti2 dan banyak Variasinya. Nihh Penting juga, kalo mau kasih Jangkrik JANGAN TERLALU BESAR, mengapa karna saya pernah mempunyai burung Sirtu yg udah Gacor dan Jinak tetapi karena ketledoran saya jadi Mati, karena memberikannya Jangkrik yg terlalu besar, jadi Berikan jangkrik yg kecil, kalo gak ada yg Kecil Plilihlah yg sedang dan di Potong menjadi kecil-kecil. Sesekali boleh juga di kasih Ulat Hongkong, Glatik juga suka Ulat Hongkong, berikan jangan Terlalu banyak ckup 5-7 Ulat Hongkong selama 1minggu 3X. Burung ini termasuk burung yg suka Mandi, usahakan berikan Minum pada Cepuk tempat minum yg agak besar agar bisa bwt mandi sekalian, cobalah Kontrol setiap hari makanan dan minumannya  jangan sampai Habis, jika kamu akan pergi keluar Kota dan berhari2 sebelum berangkat isilah semua makanannya dan minumannya, bila perlu di Doubel.
Itulah cara aku memelihara Burung Glatik Batuku berdasarkan Pengalaman Pribadi, Semoga Bermanfaat Kawan,,!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Android User, Published at 12:44 and have 0 comments

No comments:

Post a Comment