Cara Merawat Burung Jalak Suren


Cara Merawat Burung Jalak Suren

Punya Burung Jalak Suren(JS) yg Gacor dan Lincah adalah Idaman Semua para Penghobi Burung, Termasuk aku nich aku juga punya Burung Jalak Suren Jawa dan Berjenis Kelamin Jantan, dulu aku Pelihara dari Umur 2Bulan dan Sekarang Sudah bebumur 1Tahun Lebih.
Jalak Suren di Kenal ada Dua Jenis, Jalak Suren JAWA dan JALAK SUREN KALIMANTAN. Ciri2 Jalak Suren JAWA Terletak pada Warna Hitam Polos pada Bulu di atas Paruhnya, Sedangkan Jalak Suren KALIMANTAN Memiliki Warna Putih pada Bulu di Atas Paruhnya. Jalak Suren Juga Bisa di Pelihara Orang karena memiliki sifat yg Sensitif, ketika ada orang JS Biasanya mengeluarkan Bunyi yg Keras dan Bising Seperti JS punyaku. Habitat Asli Burung Jalak Suren dulunya di Sawah dan di Rawa2, Makanannya di Alam adalah Serangga Kecil, Ikan, dan Cacing Tanah. Berikut ini Cara aku Merawat Burung Jalak Suren:
1.    Memandikan JS
Pagi Sebelum di Mandikan JS di Angin Anginkan Terlebih dahulu, kurang Lebih 30menit dari Jam 7 pagi sampai Jam 7.30. Setelah itu Baru di Mandikan, kalo JS udah Mau Mandi sendiri di Tempat Mandinya Berikan saja tempat mandinya biar dia mandi sesuka hati, tapi klo dia belom mau mandi sendiri bisa di Semprot dgn semprotan, atur air yg Keluar jadi halus, karena biasanya JS tidak suka di semprot dgn air yg Kasar. Setelah itu biarkan JS membersihkan Bulu2nya dahulu. Sambil nunggu JS mandi kita Bersihkan dulu kandangnya biar Bersih.
2.    Makanan dan Minuman JS
Di Habitat Asli JS suka Makan Serangga dan kadang Juga Memakan Cacing, kalo JS Rumahan kita kasih saja Voer dan EF(Extra Fooding). Kita Bisa Memberikan EF JS berupa Jangkrik, Ulat Hongkong(UH), atau Kroto, Tapi kalo Kroto sekarang agak Sulit dicari. Lebih baik kita kasih JS EF yg Mudah di cari saja bisa Jangkrik, Ulat Hongkong. Tetapi Jangan Terlalu banyak Memberi Ulat Hongkong Karena Bisa Membuat tubuh JS Panas cukup 2sendok Per 2hari. Jangkrik Bisa kita berikan setiap Hari pagi kita bisa kasih 3-4 jangkrik, siang kiat kasih 3-4, sore bisa kita kasih 4-5 jangkrik. Kadang Juga Aku kasih JS dgn Ikan Kecil2 yg ada di sawah Agar makanan JS Bervariasi. Untuk Minum JS kita Ganti dgn yg Baru setiap hari, Untuk tambahan bisa kita tambah Vitamin di Minuman JS. Karena JS Tergolong Burung yg Suka Mandi pastikan Cepuk minum yg agak Besar.
3.    Kebersihan Kandang
Karena JS Tergolong Burung yg suka Makan Dan Mandi Pasti Kandangnya Akan Kotor, dan kandang yg Kotor akan Membuat Burung Tidak Nyaman dan Sarang Penyakit, seperti Kutu dll. Kandang Kita Bersihkan Setiap 2 hari sekali atau Jika Kandang sudah kotor dan tidak enak di Pandang.
4.    Meletakan Kandang Yang Ideal
Kalo aku Meletakan Kandang di Tempat yg Pagi Terkena Sinar Matahari dan Ketika sudah agak siang Tidak Terkena Sinar Matahari. Jadi bisa kamu Letakan JS di Tempat yg Seperti Itu, karena Sinar Matahari Pagi Berguna Untuk Membakar Lemak Burung, Selain Itu Sinar Matahari juga Bisa Menghambat Pertumbuhan Kuku Dan Paruh Burung, Karena Kalo Burung yg mempunyai Paruh yg Panjang dan Kuku yg Panjang akan Malas Untuk Berkicau.

Itulah Caraku Merawat Jalak Suren Gampang kan,,?? Kita Mempelihara Burung Untuk Hiburan kan Bukan Malah Burung yg Tidak Mau Berkicau Kita jadi yg Stress. Dengan Perwatan Seperti itu Alhamdullilah Sekarang JS ku Mempunyai Suara yg Keras dan Bervariasi, malah kadang  kalo sedang hujan aku Dengar JS ku sedang Bunyi dan Mengeluarkan suara2 Barunya, dan yg akau Paling Suka adalah dia Sudah Hafal smua Orang di Rumah kalo ada orang yg jarang ke rumahku dan ingin Mencoba mendekati kandangnya dgn Tangan dia Langsung Mematuknya, tapi kalo aku atau keluargaku yg mendekati kandangnya dia malah Bunyi Keras. Aku Senang Sekali Mempelihara JS.  Sekian, Semoga Bermanfaat!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Android User, Published at 11:12 and have 6 comments

6 comments:

  1. Extra Fooding ALternatif untuk Jalak Suren kesayangan anda
    Dengan memberikan extra fooding ini, tidak perlu lagi memberikan serangga hidup ke jalak suren anda

    Extra Fooding Pengganti Serangga Hidup untuk Jalak Suren Kesayangan Anda

    Extra Fooding MARKEL, Solusi cerdas untuk jalak suren kesayangan anda

    ReplyDelete
  2. Sebagai penggemar burung kicau kita harus mengerti dan tau cara merawatnya seperti cara dia atas juga sangat membantu

    ReplyDelete